Manfaat Senam Kegel Bagi Wanita Hamil dan Wasir

Hemorrhoid atau sering disebut dengan wasir pada wanita hamil, salah satu penyebabnya adalah konstipasi, yaitu buang air besar (BAB) yang keras, sulit dan jarang, serta dibarengi perasaan mengejan dan tidak puas.

Ahli kandungan dan kebidanan, dr Suhartono DS SpOG mengatakan, hal lain yang yang bisa menjadi penyebab timbulnya wasir pada masa kehamilan adalah membesarnya rahim yang memberikan tekanan pada pembuluh darah balik panggul dan vena cava inferior (pembuluh darah balik besar yang terletak di sebelah kanan tubuh yang menerima aliran darah dari tubuh bagian bawah).

“Konstipasi dapat terjadi pertama kali selama dalam kehamilan atau dapat juga bersifat kronik yang semakin bertambah parah selama kehamilan,” katanya.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konstipasi dalam kehamilan antara lain asupan cairan yang rendah akibat mual dan muntah, atau suplemen vitamin dengan kadar zat besi yang tinggi. Selain itu gaya hidup menyangkut aktivitas fisik yang rendah dan stres juga bisa berpengaruh.

Selama masa kehamilan, wasir diperberat oleh adanya perubahan hormonal, pelebaran dan penambahan pembuluh darah, serta peningkatan aliran darah ke derah kandungan. Selain itu, terjadinya perbesaran kandungan dan desakan kepala janin dapat menyebabkan gangguan dan komplikasi terhadap pembuluh darah disekitar kandungan. Akibatnya bagi wanita hamil yang memang sebelumnya sudah menderita wasir dapat menyebabkan bertambah parah.

Umumnya, pada masa kehamilan gejala wasir baru muncul memasuki trimester kedua akibat rahim dan janin yang mulai membesar. Ada banyak gejala yang menyertai penyakit wasir tapi keluhan yang kerap dirasakan adalah rasa sakit, nyeri atau gatal di anus.

“Gejala lanjutan lain yang sering dijumpai adalah perdarahan di anus. Penderita biasanya tidak mengeluhkan rasa sakit yang sangat tapi aktivitasnya terganggu,” tegasnya.

Wasir tingkat lanjut akan ditandai dengan munculnya prolaps atau wasir yang menonjol. Rasa sakit dapat muncul pada tingkat lanjut jika terjadi trombosis atau gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah. Kondisi ini umumnya terjadi pada wasir luar yang terjepit.

Penanganan wasir pada masa kehamilan dilakukan dengan memberikan pengobatan.

“Tindakan pembedahan untuk mengatasi wasir yang akut pada wanita hamil tidak dapat dilakukan karena dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan dan janin,” katanya. Karena itulah untuk mengoperasi wasir yang akut harus menunggu sampai waktu melahirkan.

Perubahan gaya hidup perlu dilakukan untuk menghindari timbulnya wasir pada wanita yang sedang hamil. Melakukan aktivitas buang air besar (BAB) secara rutin bisa menjadi kebiasaan yang efektif untuk menghindari munculnya wasir.

Selain itu olahraga ringan secara teratur, minum air minimal dua liter sehari dan banyak makan makanan berserat juga dapat mencegah munculnya wasir.

Upaya pencegahan lain yang baik adalah dengan melakukan senam kegel. Dengan melakukan senam kegel sirkulasi darah disekitar dubur dapat meningkat sehingga dapat mencegah wasir.

“Senam kegel juga dapat memperkuat otot-otot vaginal dan perianal yang akan mempercepat penyembuhan pasca bersalin,” jelasnya.

Kehamilan, persalinan, kegemukan dan batuk berat dapat menjadi beban bagi otot panggul. Bila dasar otot panggul melemah, organ-organ panggul wanita akan melorot dan menonjol keluar lewat vagina. Kondisi tersebut dinamakan prolapsis uterus atau vagina yang seringkali membuat wanita kencing dan buang air tanpa sengaja (Jawa: pecirit). Senam kegel yang teratur dapat mencegah hal tersebut.

Jadi, dari semua penjelasan di atas, manfaat senam kegel adalah:

  • Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir (tanpa atau sedikit ‘jahitan’).
  • Meningkatkan kepuasan seksual (karena lebih kuatnya ‘daya cengkeram’ vagina dan meningkatnya daya tahan kelamin pria)
  • Mencegah ambein/wasir.
  • Mencegah ‘ngompol kecil’ saat bersin dan batuk.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s